"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Rabu, 21 Juli 2010

SEBAB-SEBAB BAHASA MELAYU DIJADIKAN SEBAGAI DASAR-DASAR BAHASA NASIONAL

SEBAB-SEBAB BAHASA MELAYU DIJADIKAN SEBAGAI DASAR-DASAR BAHASA NASIONAL

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Negara Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai Agama, budaya, suku bangsa, dan bahasa yang semuanya itu menjadi suatu satuan terpisah yang tersebar di berbagai kepulauan yang mana harus di kembangkan berdasarkan Aset Nasional.

Dalam hal ini negara Indonesia di haruskan untuk menjunjung tinggi keragamana diatas utamanya pada bahasa Indonesia yang mana Bahasa ini di jelaskan dalam bahasa nasional yang digunakan dalam suatu kebangsaan Indonesia.

Masyarakat Indonesia adalah sekumpulan individu yang bisa dikatakan sama-sama berbahasa Indonesia. Daalam berkomunikasi dengan masyarakat indonesia yans lain sehimgga dalam suatu komunitas dalai satuan yang satu yaitu berbahasa Indonesia di samping itu masyarakat Indonesia mempunyai identitas sendiri yang mana tergoong otonomi dairah pasti mempunyai bahasa dairah sendiri, oleh karna itu masyarajat dairah nebggunakan dua bahasa tersebut.

B. Rumusan Masalah

Dengan latar belakang si atas dapat si rumuskan sebagai berikut

  1. Apa fktor yang mempengaruhi masuknya bahasa melayu ke dalam dasar-dasar bahasa nasional?
  2. Mengapa nahasa melayu di angkat menjadi bahasa Indonesia?
  3. Apa sebab-sebab nahasa nelayu menjadi dasar dasar nasional?

C. Tujuan pembahasan

Tujuan dakan penulisan makalah ini daoat di klasivikasikan sebagai berikut:

1. mahasiswa khususya para penbaca dapat memahami bahasa Indonesia itu sendiri dengan adanya prmahaman bahwa bahasa melayu adalah dasar-dasar bahasa nasional (Indonesia).

D. manfaat penusisan

dalan hal ini di harapkan kepada semua piak ntuk dapat menangap satu persatudari pada dasar- dasar bahasa nasional yang si klasifikasikan oleh bahasa melayu yang semua individu bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan mengetahui asal muasal dari pada bahasa nasional

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pemahaman bahasa melayu yang di jadikan dasar-dasar nasional

Bahasa Indonesia adalah bahasa resnmi republic Indonesia dan bahsa persatuan bangsa imdonesia yang di resmikan penggunaanya setelah proklamasi kemerdekan Indonesia. tepatnya sehari sesudahnya.

Dilihat dari sudut pabdabg liguistuknya, bahasa Indonesia adalah suatu verian bahasa melayu yang mana dasar yang di pakai adalah bahasa melayu riau yang mana telah mengalami proses perkembangan sehingga secara kebetulan di kepuloan riua itu tercetek di jalur perdagangan yang sangat remas di selat melaka dan oensusuknya sebagian besar bermata pencsharian debagai nelayan atau pedagang antar pelabuhan sertqa bahasanya nudah di pahami (komunitatif) oleh kaena itu penutur bqahasa melayu sering berinterajsi dengan penutur bahasa yang lain seperti bahasa hundi, malagasi, tagalok, jawa, dan lain-lain. Sehingga bahasa mulayu bukan hanya di riau. Melaka. Tetaoi juga di seluruh nusantara. Akhirnya pada sebelum abad xv bahasa melayu di resmikan menjadi bahasa lingua franca (bahasa dagang) bagi para saudagar di pelabuhan-pelabuhan di asia, asia tenggara, dan asia timur.[1]

Bahasa melayu mempunyai peranan yang sangat penting di berbagai budang atau kegiatan di indonesia pada masa lalu. Bahasa ini tidak hanya sekedar sebagai akat komunikasi di bidang ekonomi (perdagangan). Tetapi juga di bidang sisual (alat komunikasi massa). Politik (perjanjian antar kerajaan). Seja itulah penguasaan dan pemakaian bahasa meayu menyebar ke seluruh polosok kepuloan indonesia.[2]

Perkembsngan bahasa melayu di atas si sebut perkembanan kontektual yang memiliki tuga nentuk. Pertama perkmbangan bahaya yang di pengaruhi oleh interaksi antar daerah, kesua perkembangn bahasa daerah yang lain dan yang terahir perkembangan bahasa yang I akibatkan oleh pertemuan bahasa belayu dalan kontejs yang lebih luas.

B. Dasar bahasa melayu di resmikan menjadi bahasa nasional

Mulai perkembsngan pendidikan dan pengajaran yang semakin maju di indonesia. Bahasa melayu menjadi pepuler dan bersifat egaliter. Sehingga siding-siodang atau kongres, kongres dari organisasi pergerakan nasinal indonesia menggunakan bahasa melayu. Oleh karna itu para pemuda indonesia dalam kongresnya yang-2 bersatu pada tanggal 28 oktober 1928 bertekat bulat menggalang persatuan dan kesatuan dengan sumpah pemuda indonesia. Kongres di atas menghasilkan suatu keputusan : Kami putra dan putrid indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesai, sejak otulah bahasa melayu di sepakati untuk di angkat aebagai bahasa persatuan. Bahasa nasional yaitu bahasa indonesia.

C. Kedudukan bahasa indonesia

Kedudukan bahasa indonesia bersun\mr pada akrar ke tiga dalam sumoah penuda tahun 1928 tanggal 28 yang berbunyi : kami putra dan putrid indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia. Dengan itulah bahasa indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional yang mana bahasa nasional kedudukan nya berbeda diatas bahasa – bahasa daerah.[3]

D. Sebab-sebab bahasa nelayu di jasikan sebagai dasar-dasar bahasa nasional

Bahasa bahasa yamg tersebar di dunia ini tidak hanya tumbuh dalam setrung histories tertebtu. Tetapi juga berkenbang berdasarkan interksi dengan lingkungan sosial yang bersunggungan antar ruang dan waktu yang mana terjadi suatu hal yang sedang mempengaruhi dalam penggunaan bahasa. Histoeis itu dapat dilihat dari asal usul bahasa yang merupakan awal komunikasi antar orang yang bmenggunakan bahasa isyarat ke kata-kata yang semakin kounikatif .

Perkembangan itu juga berlangsung dalam satu ruang sosial yang terjadi telah menyebabkan suku bahasa bertemu debgab bahasa lain dengan memunculkan cintencitas yang melebihi daerah daerah lain sehingga saling mempengaruhi dan mempunyai perbendaharaan kata-kata baru.

Mengapa bahasa melayu di jadikan bahasa nasional ? dalam hal ini tidak dapat di oungkiri bahwa bahasa me;ayu mempunyai perenan yang sabgat penting dalam suatu kegiatan yang ada di indonesia baik aki8bat dari permasalahan yang ditulis dalam salah satu surat kabar di malaisia yang menggunakan bahasa melayu. Si abtara factor- factor yang mem,pengaruhi di ambilnya bahasa melayu menjadi bahasa nasisonal :

1. bahasa melayu dalai bahasa sederhana. Komunikatif, dijadikan bahasa yang menciri khas bagi perdagangan dan pelayanan disuatu pelabuhan indonesia maupun di negara-negara luar indonesia

2. bahasa melayu tidak mempunyai timgkatan tingkatan bahasa seperti yang di miliki oleh bahasa lain.

3. bahasa melayu dijadikan bahasa kebudayaan.

BAB III

PENUTUP

A. kesimpulan

dari pembahasan yang telah di uraikan dalam pembahasan dan latar belakang masalah, dapat kami simpulkan sebagai berikut:

1. bahasa indonesia di resmikan sesuai kedudukannya sebagai bahasa persatuan yang dikemukakan pada taggal 28 oktober 1928

2. sesuai dengan penjelasan Irwan Abdullah dalam bukunya yang berjudul konstruksi dan reproduksi kebudayaan menjelaskan bahwa. Yang melatar belakangi diabgkatnya bahasa melayu sebagai dasar bahasa nasional disebabkan oleh suatu interksi sosial yang di kembangkan o;rh paa pedagang dan pelayaran baik itu nelayan mauoun para pendatang yang menggunakan bahasa melayu.

B. Saran

Dalam penullisan makalah ini penyusun yakin bahwa basih banyak kekurangan yang terdapat didalamnya oleh karma itu kritik dan saran dari pembaca khususnya dosen Pembina mata kuliah bahasa indosesia sangat kami harapkan demi kesempurnaan pembuatan makalah selanjutnya.

DAFTAR PUSTAKA

- Riclef, N.C. 1991. sejarah indonesia modern. Yogyakarta : Gajahmada unvergity press

- A. Suryomiharjo. 1979. Pembinaan bangsa dan masalah historiografi. Jakarta : yayasan idayu.

- Prunggodigdo. 1970. Sejarah pergerakan rakyat indonesia. Jakarta. Rakjat.

- Iewan Abdullah. 2007. Konstruksi dan reproduksi kebudayaan. Yogyakarta : Pustaka pelajar.

- -Aziz jaya. Buku ajar bahasa indonesia sekolah tinggi agama islam negri pamekasan 2006.



[1] Riyclefs, M.C. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 1991, hal,. 77

[2] Suryomiharto. Pembinaan Bangsa dan Masalah Histoniografi. Jakarta : Yogyakarta Idayu, 1979, hal., 63

[3] Aziz Djaj. Buku Bahasa Indonesia, (STAIN PAMEKASA PRESS, 2006). Hal., 16

2 komentar:

  1. penulisan huruf dalam kata sebahagian kecil ada yg salah ketik atau typo

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat, semoga Allah membalas dengan segala kebaikan.. Amin

    BalasHapus

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!