"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Rabu, 01 Juli 2009

TINJAUAN FILOSOFIS TENTANG METODE PENDIDIDKAN

TINJAUAN FILOSOFIS TENTANG

METODE PENDIDIDKAN


A. Pengertian Metode Agama

Dari segi bahasa metode berasal dari dua perkataan yatiu meta dan hodos meta : “ melalui “ and hodus berarti “ jalan atau cara “ dengan demikian metode dapat berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan.

Selanjutnya kata metode tersebut dikaitkan dengan pendidikan islam, dapat membawa arti metode sebagai jalan untuk menanamkan pengetahuan agama pada diri seseorang sehingga terlihat dalam pribadi objek sasaran yaitu pribadi islam

B. Fungsi Metode

Tentang fungsi metode secara umum dapat dikemukakan sebagai pemberi jalan atau cara yang sebaik mungkin bagi pelaksana iperasional dari pendidikan ilmu tersebut. Sedangkan dalam kortelis lain metode dapat merupakan sarana untuk menemukan, mengkaji, dan menyusun data yang diperlukan bagi pengembangan disiplin suatu ilmu.

C. Macam Macam Metode

Al-Qur’an menawarkan berbagai pendekatan dalam metode pendidikan, yakni dalam menyampaikan materi pendidikan, metode tersrbut antara lain :

1. Metode Teladan

Dalam al-Qur’an kata teladan di proyeksikan dengan kata uswah yang kemudiuan diberi sifat seperti hasanah yang berarti baik, sehingga terdapat ungkapan uswatun hasanah yang berarti bik .

2. Metode Kisah-Kisah

Kisah atau cerita sebagai sesuatu metode pendidikan ternyata mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan.

3. Metode Nasehat

Suatu cara untuk menyampaikan suatu ajaran Al-Qur’an berbicara tentang penasehat , yang dinasehati obyek nasehat, situasi nasehat dan latar belakang nasehat karenanya metode pengajaran nasehat dapat di akui kebesaannya.

4. Metode Pembiasaan

Al-Qur’an menjadikan kebiasaan itu sebagai salah satu teknik atau metode pandidikan, lalu ia mengubah seluruh sifat-sifat baik menjadi kebiasaan, sehingga jiwa dapat menunaikan kebiasaan itu tanpa terlalu payah dan tampak menemukan kesulitan.

5. Metode Hukum dan Ganjaran

Hukuman dan ganjaran dalam rangka membina umat manusia melalui kegiatan pendidikan.

Ø Hukuman untuk orang yang melanggar dan berbuat jahat.

Ø Sedangkan pahala untuk orang yang patuh untuk menunjukkan perbuatan baik.

6. Metode Ceramah

Ceramah atau khutbah termasuk cara yang paling banyak digunakan dalam menyampaikan atau mengajak orang lain mengikuti ajaran yang telah ditentukan.

7. Metode Diskusi

Metode diskusi juga diperhatikan oleh Al-Qur’an dalam mendidik dan mengajar manusia dengan tujuan lebih menetapkan pengertian dan sikap pengetahuan mereka terhadap masalah.

8. Metode Lainnya

Al-Qur’an sebagai kitab suci tidak pernah habis digali isinya. Demikian juga tentang metode pendidikan ini, masih bisa dikembangkan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!