ADMINISTRASI PENDIDIKAN MANAGEMENT DAN KEPEMIMPINAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang .
Disadari atau tidak hakekat sesuatu di dunia ini perlu di atur, pengaturan yang di maksud mengarah kepada usaha kelancaran. keteraturan, kedinamisan, dan ketertiban suatu usaha yang dapat di bayangkan apabila pengaturan yang tidak ad. nbahkan dunia ini telah hancur sejak dulu kala
.
Pada abad sekarang, penuh dengan kekomplekan dn problem pada probleme tersebut menyangkut politik, sosial, ekonomi, budaya dan kenegaraan sebadb itulah mutlak diperlukan pengadministrasian bahkan sondang siagian menyebut abad kini adalah “ abad administrasi ” ( sondang siagian, 1978:2 )
Charles a. beard, pernah berkata “ tidak suatu hal untuk abad modern sekarang ini yang lebih penting dari administrasi”. kelangsungan pemerintah yang beradad itu sendiri akan sangat bergantung atas kemampuan kita untuk membina dan mengembangkan filsafat administrasi yang mampu memecahkan masalah masyarakat modern .
Sebenarnya administrasi sudah ada sejak timbulnya peradaban manusia pada zaman modern perkembangan adminustrasi yang di landasi dengan munculnya tokoh-tokoh baru di bidang administrasi dan manajeme. frederik w.taylor telah memelopori timbulnya “ ger4akan manajemen ilmiah “ di amerika serikat di susul henry fayol ( dari francis ) yang membahas manajemen perusahaan dengan bukunya general atau industrial manjemen “pad akhirnya
Apabila sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan maka perlu adanya pengaturan segenap rangkaian kegiatan dal;am mengatur usaha kerja sama memungkingkan bersatu untuk mencapai tujuan lalu lintas tersebut telah terkandung pengertian admistrasi demikian setiap ada kegiatan yang nampaknya ada kerja sama dari sekelompok manusia secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu, disuruhlah administrasi muncul
B. rumusan maslah
bagaiman administrasi pendidikan itu ?
apakah kepemimpinan dalam pendidikan ?
C. tujuan pembahasan
adapun tujuan peneli9tian ini ialah untuk lebih mengetahui pokokk-pokok materi tentang konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dalam manajemen dan kepemimpinan dalam pendidikan.
BAB II
PEMBAHASN
A. Pengertian administrasi pendidikan
Suatu kata “ administrasi” berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad dan ministrate. kata ad mempunyai arti yang sama denghan arti to dalam bahasa inggris yang berarti “ ke ” atau “ kepada” dan ministrate “ melayani”, “membantu” atau mengarahkan dan mengatur.
Suatu kata “ administrasi “ dapat di artikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu,melayani,mengarahkan atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai suatu tujuan.
Frederick taylor (1856) sering di sebut sebagai suatu gerakan manajemen berdasarkan ilmu pengetahuan. dengan demikian ia dapat pula dikatakan senagai pelopor dari timbulnya ilmu adinistrasi. ia pernah bekerja sebagai burh rendahan sampai pada tingkat paling tinggi didalam perusahaan .berdasarkan pengalaman itu, ia mengemukakan dalam tulisannya bebrerapa prinsip managemen dalam pengelolaan perusahaan.antra lain prinsip waktu, upah, pemisahan dan fungsi manjemen.
Administrasi pendidikan ialah suatu proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal spiritual maupum material, yang bersangkut paut dengan pencapaintujuan pendidikan jadi didalam proses pencapain tujuan pndidikan itu di integrasikan, di organisasikan dan di koordinasi secara efektif. dan semua materi yang di perlukan dan yang telah ada di manfaatkan secara efesien
Sedangkan pendidikan, baik di artikan sebagai proses atau produk adalah masalah perseorangan anak didik sendirilah yang harus membuat perubahan didalam dirinya sesuai dengan yang di kehendakinya. proses pendidikan terjadi dalam individu dan produk pendidikan menyatakan diri dalam tingkah lakunya
Dalam buku kurikulum usaha pendidikan dalam bidang pendidikan dan administrasi pendidikan dari departemen P dan K, dapat kita baca rumusan tentang administrasi pendidikan sebagai berikut: administrasi pendidikan serta proses keseluruhan, kegiatan bersama dalam pendidikan melip[uti prencanaan, pengorfganisasian,pengesahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan dan penjayaan, dengan menggunakan dan memnfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personil maupun spiritual, untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.
Atau secara singkat dapat juga dikatakan : administasi pendidikan ialah pembinaan , pengawasan, dam pelaksanaan dari segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan-urusan sekolah
MANAJEMEN ATAU ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Manajemen suatu proses yang menyelenggarakan atau mengawasi suatu tujuan tertentu. atau manajemen adalah fungsi dewan manajer yang menetapkan kebijakan mengenai macam produk yang akan di buat, bagaimana pembiyaannya memberikan servis dan memilih serta melatih pegawai dan lain-lain.faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan suatu usaha. lebih manajemen bertanggung jawab dalam membuat susunan organisasi yang melaksanakan kebijakan.
Demikian fungsi fungsi pokok yang bisa di bicarakan dalam manajemen perusahaan seperti planing, organising, actualing,control, yang merupakan fungsi pokok administrasi pendidikan. dengan demikian makin jelas bagiu kita bahwa kata manajemen dan administrasi pendidikan keduanya dapat kita pergunakan untuk menjelaskan pengertian yang bersamaan
.C. pemimpin dalam pendidikan dan hubungannya dengan manajemen dan administrasi
1. pengertian kepemimpinan dan hubungannya dengan manajemen, administrasi,kepemimpinan dalam pendidikan
a. beberapa konsep dalam pendidikan dan hubungan-hubungannya
1 ). pemimpin merupakan suatu kemampuan yang berupa sifat-sifat yang di bawa sejak lahir yang ada pada diri seseoarang pemimpin.
2 ). pemimipinsebagai fungsi kelompok yang man tidaknya suatu kepemimpinan tidak hanya di pengaruhi oleh kemampuan sifat-sifat yang ada pada seseorang tetapi yang justru yang lebih penting adalah dipengaruhi oleh sifat-sifat da ciri-ciri kelompok yang dipimpinnya
pemimipin tidak hanya didasari atas pandangan yng b3ersifat psikologis dan sosiologis tetapi ats juga ekonomi dan politis.
- definisi kepemimp[inan dan huybungannya dengan pendidikan
prjkudi atmosudirjo mengemukakan sebagai berikut :
- pemimpin sebagai suatu kepribadian seseorang yang mendatangkan keinginan pada kelompok orang-orang untuk mencontohnya atau mengikutinya dengan apa-apa yng dilakukannya yang dikehendakinya
- peminpin dapat pula dipandang sebagai sesuatu sarana, suatu intrumen atau alat untuk membuat sekelompok orang-orang untuk mau bekerja sama dan berdaya upaya mentaati segala peraturan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
- hubungan pemimpin dengan anggota bawahan baik, pemimpin disenangi oleh anggota kelompoknya ditaati segala perintahnya, dan harus memeliki sifat yang baik untuk bdapat memberikan bimbingan sekaligus memberi contoh kepada pexserta / anak didiknya.
BAB III
PENUTUP
A. kesimpulan
administrasi pendidikan adalah aktivitas untuk meneliti da mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan dalan proses keseluruhan organisasi untuk mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah ditetapkan dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan
pemimpin harus berprilaku sebagai seseorang yang memotifasi bawahannya, mentapkan standart yang tinggi, memperhatikan perbedaan individu dan cenderung lebih menyukai pendekatan tim. dan pemimpin harus berprilaku sebagai pelatih yang teliti dan tidak berat sebelah dalam melaksanakn perintah dan peraturan- peraturannya baik itu dalam lingkup lingkungan sekolah maupun dalam perusahaan
B. SARAN
demikian bebrapa catatan dapat kami tulis tentang “ Aministrasi pendidikan, manajemen dan kepemimpinan “ saya sebagai manusia biasa yang tidak lepas dari salah dan lupa saya mohon maaf yang tiad batasnya dan saya mohon bimbingan demi pembenaran makalah ini juga dalam perbaikan makna.
DAFTAR PUSTAKA
Dep. P dan K, Kurikulum, usaha perbaikan dalam bidang pendidikan dan administrasi pendidikan,tahun III pelita,1971/1972
Prajudi Atmosudirjo, Dr.sondang P, filsafat administrasi, Cetakan ke-2, Gunung Agung.
Sutarto. Drs,dasar-dasaar kepemimpinan administrasi. Gajah Mada UNIVERSITAS Press,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar