"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Minggu, 16 Agustus 2009

Proposisi

MAKALAH

Proposisi

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Logika Yang Dibina Oleh Bapak Ari Widodo

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN

( STAIN )

2006/2007

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam ilmu logika mempelajari hukum-hukum, patokan-patokan dan rumusan berfikir, psikologi juga membicarakan akyifitas berfikir, karena itu kita hendaknya berhati-hati melihat persimpangannya dengan logika dan mempelajari pikiran dan kerjanya tanpa , mengganggu sama sekali urusan benar dan salah tapi berpikir secara sehat dan praktis, banyak salah pemikiran kita di pengaruhi oleh keyakinan, pola piker berkelompok.

Logika menyelidiki, menyaring dan menilai pemikiran dengan cara serius dan terpelajar serta bertujuan mendapatkan kebenaran terlepas dari segala kepentingan dan keinginan perorangan.

Proposisi mempelajari tenta pernyataan bentuk kalimat yang dapat di nilai benar salahnya proposisi mempunyai tiga bentuk, proposisi katagoristik, inpotetik, dan proposisi disyungtif, dan itu ada hubungan tertentu atau mendasar.

B. Rumusan Masalah

Dalam paparan diatas kami dapat mengambil kesimpulan untuk dijadikan sumber pembahasan.

· Bagaimana kita dapat mengukur benar dan salahnya seseorang ?

· Bagaimana untuk mencarisebuah kebenaran dengan menggunakan proposisi tersebut?

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian

Proposisi adalah pernyataan dalam bentuk kalimat yang dapat di nilai benar dan salahnya , proposisi merupakan unit terkecil dari pemikiran yang mengandung maksud sempurna, jika kita menganalisa suatu pemikiran dalam buku itu, kemudian lebih husus lagi dalam babnya, kemudian dalam pragrap dan ahirnya pada unit yang tidak dapat dibagi yakni disebut proposisi, proposisi itu sendiri masih dianalisir lagi menjadi kata-kata hanya menghadirkan, bukan atau pemikiran sesuatu.

Sedang pernyataan pikiran yang mengungkapkan keinginan dan hendak tak dapat dinilai benar salahnya bukanlah proposisi seperti semoga tuhan selalu melindungimu.

Sekarang bagaimanakah mengukur benar dan salahnya proposesi ? Dalam logika dikenal adanya dua macam proposisi menurut sumbernya, yaitu proposisi analitik dan sintetik, proposisi analitik adalah proposisi yang predikatnya mempunyai pengertian yang sudah terkandung pada subjeknya, seperti "Mangga adalah bush-buahan" untuk menilai benar tidaknya proposisi serupa kiat lihat ada tidaknya pertentangan dalam diri pernyatan itu, sebaimana yang telah kita pelajari tentang ukuran kebenaran, proposisi analitik disebut juga proposisi a priori.

Proposisi sintetik adalah proposisi yang predikatnya mempunyai pengertian yang bukan menjadi keharusan bagi subjeknya seperti " Pepaya ini manis " proposisi sintetik adalah lukisan dari kenytaan empirik maka untuk menguji proposisi ini disebut juga proposisi a posteriori.

B. Macam-Macam Proposisi

Proposisi menurut bentuknya ada tiga macam

Yaitu : Proposisi katagoristik

Proposisi hipotetik

Proposisi disyungtif

1. Proposisi kategoristik adalah prosisi yang mengandung pernyataan yang tanpa adanya syarat, seperti Hasan sedang sakit, proposisi kategoristik yang paling sederhana sendiri dari term subjek, term predikat, satu kopula dan satu Quantufier, subjek sebagaimana kita ketahui, adalah term yang menjadi pokok pembicaraan, predikat adalah term yang menerangkan, kopula adalah kata yang menyatakan hubungan subjek dan predikat, Quantifier adalah kata-kata yang menunjukkan banyaknya satuan yang diikat oleh term subjek dalam contoh berikut :

Sebagian smanusia adalah pemabuk

Quantifier term subjek kopula term predikat

Quantifier kalanya menunjuk kepada permasalahan universal seperti kata, selurh, semua, tidak satupun ada kalanya menunjuk kepada permasalah partikural seperti sebagian, beberapa, tidak semua tapi sbagian benar hampir seluruh, rata-rata ( salah ) adakalanya menunjuk kepada permasalahan singular, teapi permasalahan singular biasanya Quantifier tidak dinyatakan.

Dari kombinasi antara kuantifar dan kuanlitatif maka kita kenal proposisi yaitu:

v Universal – Sutau pengertian dapat dikatakan terhadap semua san tiap-tiap dalam macamnya.

v Partikural – Di pakai dalam rumus yaitu dapat dalam putusan yang merupakan hukum ilmu.

v Singular – Pengertian ini tanpa wilayah, justru karena isinya terlalu banyak sebab hanya berlaku untuk suatu individu saja.

Proposisi universal kopulanya mengakui hubungan subjek dan predikat secara keseluruhan, dalam logika dilambangkan dengan huruf A, kalau proposisi partikural di lambangkan dengan huruf I, dan proposisi singular dilambangkan dengan huruf A, huruf A dan I masing-masing sebagai lambing proposisi universal positif dan partikural positif diambil dari dua huruf hidup pertama kata latin yang berarti mengakui ?

2. Proposisi hipotetik adalah kebenaran yang dinyatakan di gantungkan pada syarat tertentu, hipotetik kopulanya adalah jika, apabila, atau manakala yang kemudian dilanjutkan dengan maka, kopula ini menghubungkan dua buah pernyatan misalnya, jika permintaan bertambah, maka harga akan naik, antara keduanya mempunyai perbedaan mendasar.

Pada proposisi katagorik kopulanya selalu "Adalah" atau "Bukan" sedangkan pada proposisi hipotetik kopulanya adalah "Jika" apbila proposisi hipotetik mempunyai dua bentuk, pertama, bila A adalah B, maka A adalah C, seperti bila Hasan rajin, ia akan naik kelas, kedua, bila A adalah B maka C adalah D seperti bila hujan, saya naik becak.

Proposisi hipotetik mempunyai hubungan kebiasaan seperti:

v Bila pecah perang, maka harga akan membubung

v Manakala ia lulus, ayahnya akan memberi dia hadiah yang menarik

Adapun beberapa contoh prosisi hipotetik yang mempunyai hubungan keharusan adalah.

v Bila matahari terbit, maka waktu sholat subuh telah habis .

v Bila nyawa meninggalkan badan, maka berahirlah kegiatan jasmani

3. Proposisi Disyungtif ; Proposisi disyungtif pada hakikatnya yang proposisinya juga terdiri dari dua proposisi kategorika, sebuah proposisi disyungtif seperti proposisi jika tidak benar. Maka salah, jika di analisis menjadi proposisi itu dan proposisi itu salah, kopula yang berupa/ jika/ dan/ maka/ mengubah dua proposisi kategoristik menjadi permasalahan disyungtif, proposisi ini sangat berpariasi seperti : - Hidup kalau tidak bahagia adalah susah.

- Hasan dirumah atau disekolah.

Dalam proposisi hipotetik kopula menghubungkan sebab atau akibat sedangkan dalam proposisi disyungtif kopula menghubung dua buah alternative ada dua bentuk proposisi disyungtif. Proposisi disyungtif sempurna dan Proposisi tidak sempurna, proposisi sempurna mempunyai alternative kontradiktif sedangkan proposisi disyungtif tidak sempurna alternatifnya tidak berbentuk kontradiktif rumus untuk bentuk pertama adalah A mungking B mungkun A B seperti : - Hasan berbaju putih atau berbaju non putih

- Budi mungkin masih hidup mungkin sudah mati ( Non hidup )

- Fatimah berbahasa arab atau berbahasa non arab

Adapun rumus bentuk kedua adalah A mungkin B, B mungkin C seperti : - Hasan berbaju hitam atau berbaju putih

- Budi di toko atau di sekolah


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Bahwa dalam ilmu logika mempelajari bagaimana kita harus berfikir logis, dan pada permasalahan tentang proposisi adalah pernyataan yang dapat dinilai benar dan salahnya, bahwa dalam meluruskan informasi keilmuan merupakan suatu proses atau system yang harus bersifat logis, karena itu science tidak mungkin melepaskan kepentingannya terhadap logika.

Logika membantu manusia berfikir lurus, efisien, tepat dan teratur untuk mendapatkan kebenaran dan menghindar kekeliruan, dalam segala aktifitas berfikir dan bertindak, manusia mendasarkan diri atas prinsip ini, logi menyampaikan kepada benar, lepas dari pembagian prasangka emosi dan keyakinan seseorang.


DAFTAR PUSTAKA

Mundiri H. Logika, Jakarta : Pt. Raja Grafindo Persada, 2006

Dahri Sunardji, Langkah-langkah Berfikir Logis, Pamekasan : CV. Bumi Jaya 2001.

Ricard B. Angol, Reasoning dan Logis Century Carts, New York, 1964

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!