"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Kamis, 06 Agustus 2009

KARAKTERISTIK AGAMA ISLAM DI MADURA




Makalah
KARAKTERISTIK 
AGAMA ISLAM DI MADURA

Tugas Kelompok




   
DOSEN PENGAMPU
H. ABADI 

DALAM RANGKA MEMENUHI TUGAS
MATA KULIAH USUL FIQIH II


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PAMEKASAN MADURA
2007

KARAKTERISTIK AGAMA ISLAM DI MADURA

PENDAHULUAN

Pengertian Agama 

  Salah satu syarat yang teramat penting dalam kehidupan manusia adalah keyakinan yang oleh sebagian orang dianggap sebagai agama . Kata "agama" dalam bahasa Indonesia berarti sama dengan kata din dalam bahasa Arab, atau religion dalam bahasa – bahsa Inggris , de relige dalam bahasa Belanda. Secara Bahasa , Perkataan " Agama " berasal dari bahasa sansakerta yang artinya Tidak pergi , tetap di tempat , di warisi turun temurun. . " Adapun kata din mengandung arti " menguasai , menundukkan, patuh , utang , balasan atau kebiasaan. 
  Din juga membawa peraturan – peraturan berupa hukum yang harus dipatuhi , baik dalam bentuk perintah yang wajib dilaksanakan atau berupa larangan yang harus ditinggalkan dan pembalasannya. tujuan agama adalah mencapai kedamaian rohani dan kesejahteraan jasmani, untuk mencapai itu harus percaya adanya tuhan yang maha esa yang menciptakan dan memelihara semua yang ada di dunia ini . Dengan demikian maka orang yang selalu percaya kepada Tuhan, perasaannya merasa selalu dilindungi oleh tuhan dan dalam suasana dan keadaan bagaimanapun daya upaya dan tiada satu kekuatan pun yang akan mempengaruhi dan membinasakannya , kalau Tuhan tidak mengijinkan. Kita perlu mempunyai kepercayaan kepada Tuhan , mengingat kebutuhan jiwa akan rasa Aman , yang akan memberikan ketenangan jiwa 
  Tindakan orang yang percaya akan kebesaran tuhan yang menciptakan alam semesta ini akan selalu dalam rahmatnya . setiap daerah , setiap agama , setiap orang mempunyai cara tersendiri dan memuja tuhan seperti dimadura misalnya , orang madura kebanyakan agamanya menganut faham monoteisme yakni tuhan yang bersifat arrahmanur rahim ,yaitu tuhan yang menyayangi dan menentramkan ,Tuhan yang memenui jiwa dan hati manusia  

Unsur Unsur keagamaan 

  Unsur penting yang terdapat dalam agama Ialah : 
Pertama : Kekuatan gaib ,. Manusia merasa dirinya lemah dan berhajat pada kekuatan gaib itu sebagai tempat memohon pertolongan . Manusia merasa harus selalu mewngadakan hubungan baik dengan kekuatan gaib tersebut dengan mematuhi perintah atau larangannya. 
Kedua : Keyakinan bahwa kesejahteraanya di dunia dan kebahagiaan hidupnya di akhirat tergantung pada adanya hubungan baik dengan kekuatan gaib yang di maksud . Tanpa adanya hubungan yang baik itu , manusia akan sengsara hidupnya di dubia dan akhirat. 
Ketiga : respon yang bersifat emosional dari manusia , baik dalam bentuk perasaaan takut atau perasaaan cinta. Selanjutnya respon itu mengambil bentk pemujaan atau penyembahan atau tatacara hidup tertentu bagi masyarakat yang bersangkutan 
Keempat : Paham adanya yang kudus ( the sacred ) dan suci, seperti kitab – kitab suci , tempat tempat ibadah, dan lain – lain.  

Islam  
  Islam adalah agama samawi terakhir yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada utusannya , Muhammas SAW, untuk disampaikan kepada seluruh ummat manusia di Dunia , Agama Islam bersifat Universal dan menjadi rahmat bagi seluruh alam . Isl;am tidak haya mengatur hubungan manusia dengan tuhannya dan kedudukan manusia di hadapan Tuhan , tetapi juga memberi tuntunan bagai mana manusia berhunbungan dengan sesamanya , dan bagai mana kedudukan manusia ditengan – tengah alam semesta. Ini . Oleh karena itu Islam sebagai agama rahmah li al- alamin yang mengemban misi menyempurnakan pribadi manusi serta mengangkat manusia menjadi insane yang beradab dan berkebudayaan , serta beriman kepada Allah SWT. 

Karakteristik agama Islam di madura  
.

  Karakteristik menurut bahasa Indonesia mempuyia pengertian Ciri – ciri khusus dari bentuk – bentuk watak , tingkah laku , atau tanda khusus yang dimiliki oleh setiap individu . Dengan demikian maka karakretistik agama Islam di madura adalah semua bentuk dan tingkah laku yang khusus dimiliki oleh orang madura dan tidak dimiliki oleh selainnya dalam bidang keagamaan . Untuk lebih jelasnya akan kami uraikan sebagai mana berikut ini :  
karakteristik agama Islam di Sampang khususnya adalah : 
1. Ditinjau dari segi Budaya :

a. Fanatik dalam agama 
b. Ahlussunnah Wal jamaah.
c. Fanatik dalam memperingati hari - hari besar Islam seperti ; Maulid Nabi Muhammad SAW,Bulan Muharrom ( Tajin Sorah / tajin poteh pedis bedeh tellorah ), Bulan sapar( Tajin saffar / tajin pote merah ), Syakban ( rebba an ), dan melahsanakan sholat pada hari Idul Fitti dan Idul Adha. Kegiatan ini lalu di jadikan sebagai ajaran dan undang - undang atau peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap individu masyarakat

2. Ditinjau dari segi Tradisi - Tradisi local Khususnya Kedungdung 

  Didalam setiap pelaksanaan upacara yang diselenggrakan , akan tampak adanya sesuatu yang di anggap sacral , suci atau sacred yang berbeda dengan yang alami empiris atau yang profan. Diantara ciri – ciri yang sacral itu adalah adanya keyakinan , ritus, misteri , dan supernatural . Dalam komonitas local ini , repreentasi semua itu berupa pemberian sesajian ( be'sabe' ), bacaan al- Qur'an , Tahlil, dan rotibul haddad ( sabellesan ) dan do'a dalam berbagai variasinya. , Maulud nabi yang dilaksanakan setiap kepala keluarga pada bulan Robiul awal dengan filusufi yang mendalam dijiwa masyarakat adalah banyak shodakoh banyak rejeki dan Asshodakotu lidafil balak. .
  
  
   
3. Ditinjau dari segi Kehidupan keagamaan masyarakat petani  
  Kehidupan keagamaan masyarakat petani madura umumnya bersifat moralistik "hamka 1982" menyatakan tentang madura "tanahnya miskin dan tandus , tetapi penduduknya kaya raya dengan iman " orang mau tinggal dimana saja asal ia berhasil dan sukses . dimapun orang madura tinggal mereka selalu memperhatikan penduduk di sekitarnya dan bila mereka meninggal tidak usah dibawa ketanah kelahiran mereka , merka selalu merasa yang ada disamping mereka dan yang ada didepan dan dibelakang mereka adalah tanggung jawab bagi mereka karena mereka yaqin bahwa hidup mereka adalah ibadah .

4. Ditinjau dari segi pendidikan masyarakat madura  

Pendidikan masyarakat madura secara umum bersifat keislaman , sehingga masyarakat lebih suka memasukkan anaknya kepesantren dan mereke sangat mengutamakan anak –anaknya untuk menjadi anak yang berakhlakul karimah iman yang kuat dan tekat yang bulat dan bisa baca alqur-an dengan baik dan bertajwid serta mengerti yang terkandung diddalamnya.. Sehingga mulai kecil anak –anak dan remaja sudah mengaji ke langgar- langgar setiap sore sampai selesai salat isya'

5. Ditinjau dari segi politik masyarakat madura  
   
  Para kiai merupakan figure sentral yang amat dihormati dan ditaati sebelum masyarakat menerima suatu anjuran atau perintah dari pamong desa , maka terlebih dahulu mereka akan memohon fatwa dari pihak kiai . Dengan demikian maka pemimpin formal yang ingin memimipin daerahnya dengan sukses umumnya mereka harus pandai –pandai menghargai dan memamfaatkan peran sentral para kiai itu
FALSAFAH ORANG MADURA 

1. MANUSSA COMA DHARMA(ungkapan ini mengandung nilai yang menunjukkan keyakinan akan kekuasaan allah swt . 
2. abantal ombek asapok angin abantal syahadat aspok iman berjalin kehidupannya orang madura dengan nilai- nilai agama islam . 
  Dalam aspek budaya kesenian madura juga banyak yang berbau islam seperti hadrah samroh dan samman , masyarakat madura menerima islam sebagai sitem kepercayaan yang berlangsung relative tuntas sehingga islam menjadi idenditas dan tradisi . hampir di semua lapisannya . sehingga hampir seluruh fenomina sosial , agama dan pola sosial budaya di madura berlangsung dalam ranah atau bazar kebudayaan masyarakat muslim .sehingga tidurpun orang madura tidur dengan cara islam karena bagi orang madura tidur adalah mati sementara oleh karena itu posisi tidur haruis sama dengan posisi mayat orang madura ketioka di kuburkan . Posisi tidur seperti itu untuk mengingatkan orang madura sebagai penganut agama islam bahwa pada suatu saat mereka akan mati .  
  Hampir seluruh penduduk pulau madura pada umumnya beragama islam yang taat. Sebagian besar penganut madhab ahlussunah waljama'ah (yang identik dengan organisasi nu ) dan sebagian kecil penganut pergerakan muhammadiyah .dengan demikian maka peran kaum ulama' menjadi amat menonjol , dengam demikian peran madrasah dan pondok pesantren menjadi amat potensial.  
   
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!