"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Sabtu, 13 Juni 2009

HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT

MAKALAH

HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT

Makalah Ini Diajukan Untuk Memenuhi Tugas UTS Mata Kuliah Adiministrasi dan supervisi Pendidikan Yang Diampu

Oleh : Agus Susanto, M.Pd

JURUSAN TARBIYAH

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM MADURA

UIM

2008


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan pertolongan-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun dengan judul : Hubungan Sekolah dan Masyarakat, yang diajukan untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Selanjutnya, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyusunan makalah ini, utamanya dosen pembimbing yang telah membimbing kami, kawan-kawan yang telah banyak memberi masukan pada kami dan seluruh pihak-pihak terkait yang telah membantu penyusunan makalah ini.

Kami berdo’a semoga yang sedikit ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi umat pada umumnya, pembaca dan penulis pada khususnya. Amin …

Pamekasan, 23 November 2008

Penulis


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada saat ini sekolah merupakan tempat untuk menimba ilmu. Baik ilmu agama maupun ilmu-ilmu umum. Sudah banyak sekolah yang didirikan baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Contoh : SDN, SMPN, SMAN, MAN, MA dan lain-lain.

Peran sekolah juga tidak lepas dari peran masyarakat, artinya masyarakat juga punya andil besar dalam mewujudkan sekolah tersebut. Contoh : orang tua menyekolahkan anaknya pada sekolah A, sekolah B dan lain-lain.

Disinilah nanti akan diterangkan hubungan antara sekolah dengan masyarakat secara rinci.

B. Rumusan Masalah

Seberapa pentingkah untuk kita ketahui hubungan, tujuan dan jenis-jenis hubungan sekolah dan masyarakat ?

C. Tujuan

Untuk menerangkan dan menjelaskan bagaimana hubungan antara sekolah dengan masyarakat pada umumnya.

D. Manfaat

Agar kita tahu bagaimana hubungan sekolah dan masyarakat supaya kita bisa mengambil sikap dan jalan keluar menuju sekolah ideal (favorit) dan memajukan masyarakat.

BAB II

LANDASAN TEORI

Landasan teori disini ada 2 (dua) yaitu :

a. Sekolah adalah bagian yang integral dari masyarakat; ia bukan merupakan bagian yang terpisah dari masyarakat.

b. Masyarakat adalah pemilik sekolah; sekolah ada karena masyarakat memelurkannya.

BAB III

PEMBAHASAN

A. Pengertian

Sebelum kita membahas hubungan sekolah dan masyarakat perlu kiranya kita membahas terlebih dahulu apa itu sekolah dan apa itu masyarakat.

Istilah sekolah disini merupakan konsep yang luas, yang mencakup baik lembaga pendidikan formal maupun lembaga pendidikan non formal. Sedangkan istilah Masyarakat merupakan konsep yang mengacu pada semua individual, kelompok, lembaga atau organisasi yang berada diluar sekolah sebagai lembaga pendidikan.

Pembahasan dalam bab ini akan mencakup tiga pokok bahasan, yaitu : pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat, tujuan hubungan sekolah dan masyarakat dan jenis-jenis hubungan sekolah dan masyarakat.

  1. Pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat

Ada pandangan filosofis tentang hakikat sekolah itu sendiri dan hakikat masyarakat dan bagaimana hubungan antara keduanya :

a. Sekolah adalah bagian yang integral dari masyarakat; ia bukan merupakan lembaga yang terpisah dari masyarakat

b. Hak hidup dan kelangsungan hidup sekolah tergantung pada msyarakat

c. Sekolah adalah lembaga sosial yang berfungsi untuk melayani anggota-anggota masyarakat dalam bidang pendidikan

d. Kemajuan sekolah dan kemajuan masyarakat saling berkolerasi; keduanya saling membutuhkan

e. Masyarakat adalah pemilik sekolah; sekolah ada karena masyarakat memerlukannya.

Betapa pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat itu, terutama di negara kita dapat ditinjau dari sudut pandang historis, diantaranya :

a. Dari sejarah kita mengetahui bahwa dalam zaman kolonial belanda dahulu, sekolah-sekolah sengaja diisolasikan dari kehidupan masyarakat sekitarnya

b. Dalam zaman kemerdekaan ini sekolah merupakan lembaga pendidikan yang seharusnya mendidik generasi muda untuk hidup di masyarakat, sehigga

c. Sekolah haruslah merupakan tempat pembinaan dan pengembangan pengetahuan dan kebudayaan yang sesuai yang dikehendaki oleh masyarakat tempat sekolah itu didirikan.

  1. Tujuan hubungan sekolah dan masyarakat

T. Sianipar, meninjaunya dari sudut kepentingan kedua lembaga tersebut, yaitu lembaga sekolah dan lembaga masyarakat itu sendiri.

Ditinjau dari kepentingan sekolah, pengembangan penyelenggaraan hubungan sekolah dan masyarakat bertujuan untuk :

a. Memelihara kelangsungan hidup sekolah

b. Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang bersangkutan

c. Memperlancar proses belajar mengajar

d. Memperoleh dukungan dan bantuan dari masyarakat yang diperlukan dalam pengembangan dan pelaksanaan program sekolah.

Sedangkan jika ditinjau dari kebutuhan masyarakat itu sendiri, tujuan hubungannya dengan sekolah adalah untuk :

a. Memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam bidang mental spritual

b. Memperoleh bantuan sekolah dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat

c. Menjamin relevansi program sekolah dengan kebutuhan masyarakat

d. Memperoleh kembali anggota-anggota masyarakat yang makin meningkat kemampuannya.

  1. Jenis-jenis hubungan sekolah dan masyarakat

Hubungan kerja sama sekolah dan masyarakat itu dapat digolongkan menjadi tiga jenis hubunan yaitu :

1) Hubungan edukatif

2) Hubungan kultural

3) Hubungan institusional

a. Hubungan edukatif : hubungan kerjasama dalam hal mendidik / murid, antara guru di sekolah dan orang tua di dalam keluarga. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi perbedaan prinsip atau bahkan pertentangan yang dapat mengakibatkan keraguan pendirian dan sikap pada diri anak / murid, dengan cara bekerja sama dalam berusaha memenuhi fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk belajar di sekolah maupun di rumah dalam memecahkan masalah-masalah yang mengangkat kesulitan belajar maupun kenakalan anak-anak.

b. Hubungan kultural : usaha kerja sama antara sekolah dan masyarakat yang memungkinkan adanya saling membinadan mengembangkan kebudayaan masyarakat tempat sekolah itu berada.

c. Hubungan institusional : hubungan kerja sama antara sekolah dengan lembaga-lembaga atau instansi-instansi resmi lain baik swasta maupun pemerintah, seperti hubungan kerja sama antara sekolah dengan sekolah-sekolah lain, dengan kepala pemerintah setempat, jawatan pertanian, perikanan dan peternakan dengan perusahaan-perusahaan negara / swasta yang berkaitan dengan perbaikan dan perkembangan pendidikan pada umumnya. Dengan adanya hubungan ini sekolah dapat meminta bantuan dari lembaga-lembaga lain itu, baik berupa tenaga pengajar, pemberi ceramah tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengadaan dan pengembangan materi kurikulum, maupun bantuan yang berupa fasilitas serta alat-alat yang diperlukan bagi kelancaran pelaksanaan program sekolah.

Hal ini dimaksudkan, karena sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mendidik anak-anak yang nantinya akan hidup sebagai anggota masyarakat yang terdiri atas bermacam-macam golongan, jabatan, status sosial dan bermacam-macam pekerjaan, sangat memerlukan adanya hubungan kerja sama itu.



BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Makalah ini membahas tentang :

- Pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat

- Tujuan hubungan sekolah dan masyarakat

- Jenis – jenis hubungan sekolah dan masyarakat ada 3 :

a. Hubungan edukatif

b. Hubungan kultural

c. Hubungan institusional

B. Saran

Kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan.



DAFTAR PUSTAKA

Ø Purwanto, Mp, Drs. M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung; Remaja Rosda Karya

Ø Sagala M.Pd, Dr. H. Syiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, CV. Alfa Beta, Bandung 2000

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!